Senin, 03 September 2018

Bekuan Darah yang Bisa Membunuh

Lenganku terasa sakit, merah, dan bengkak. Apa yang saya tidak tahu adalah itu adalah gejala mematikan, tanpa sadar disebabkan oleh pengendalian kelahiran saya.

Musim panas lalu saya bangun dengan sakit di bisep kanan dan bahu saya. Saya tidak memikirkan hal itu. Saya sudah berlari, berkano, dan mengerjakan proyek berkebun besar akhir pekan sebelumnya. Tentu saja aku akan sakit.

Otot kram, ruam, kelelahan, dan sedikit terbakar sinar matahari hanyalah gejala mencintai musim panas Anda, bukan?

Yah, mereka juga bisa menjadi gejala deep vein thrombosis (DVT), suatu kondisi dimana tipe tertentu dari pengendalian kelahiran hormonal meningkatkan resiko. Saya telah membaca peringatan tentang risiko bekuan darah yang terkait dengan pil KB dan mendengarnya mengoceh pada iklan yang tak terhitung jumlahnya. Tapi aku tidak tahu pil KB dan cintaku untuk latihan di luar ruangan bisa menimbulkan badai yang sempurna.
Selama berhari-hari, tubuhku mengatakan ada sesuatu yang salah

Tidak sampai lengan saya bengkak - ke titik di mana saya hampir tidak bisa menggerakkannya - akhirnya saya, dengan enggan, masuk ke klinik berjalan terdekat untuk memeriksanya. Perawat di belakang konter mengirim saya langsung ke UGD. Staf Triage dengan cepat menilai risiko bekuan darah saya.

Pertama dalam daftar penyebab? Metode pengendalian kelahiran saya.

Semua pil kontrasepsi hormonal kombinasi (yang mengandung estrogen dan progesteron) membawa sedikit peningkatan risiko untuk pembekuan darah, tetapi beberapa pil lebih berisiko daripada yang lain. Saya mengambil Safyral, yang Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) termasuk dalam daftar pil KB yang mengandung drospirenone.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ), beberapa pil di pasaran mengandung progesteron sintetis, drospirenone atau desogestrel. Hormon-hormon ini tampaknya menempatkan wanita pada risiko yang lebih besar untuk DVT daripada pil yang menggunakan jenis progesteron sintetis lainnya, levonorgestrel. Studi lain yang diterbitkan dalam The BMJ menunjukkan bahwa patch dan cincin kontrasepsi dapat meningkatkan risiko bekuan darah juga.
Gumpalan adalah bisnis yang serius dan risiko pengendalian kelahiran yang tidak dapat kami abaikan

Staf ER melakukan ultrasound di lengan dan leher saya untuk memastikan DVT. Mereka segera memperlakukan saya dengan pengencer darah dan obat pereda nyeri dan memasukkan saya ke rumah sakit untuk observasi. Pada saat itu, lenganku sangat besar, berdenyut-denyut, dan hampir tak bisa bergerak. Dokter memberi tahu saya bahwa itu adalah hal yang baik saya akan datang ketika saya melakukannya.

Gumpalan dapat menyebabkan kecacatan atau bahkan kematian.
Foto pembengkakan Jennifer karena bekuan darah

The American Journal of Preventive Medicine memperkirakan bahwa gumpalan darah membunuh 60.000 hingga 100.000 orang di Amerika Serikat setiap tahun. Perhatian yang paling serius dengan DVT adalah emboli paru (PE). PE adalah penyumbatan yang terjadi ketika gumpalan atau bagian gumpalan dari DVT putus dalam vena mayor dan berjalan ke paru-paru. Hasilnya dapat merusak paru-paru atau terbukti fatal dengan mempengaruhi suplai oksigen jantung dan tubuh, menyebabkan kematian mendadak.

Teman-teman wanita saya - yang juga mengambil pil KB dan telah membaca atau mendengar tentang peringatan yang sama - dan saya tidak percaya tentang DVT saya. Saya naif mengira bahwa peringatan itu hanya berlaku untuk perokok; Saya tidak pernah merokok sehari dalam hidup saya.

Tetapi sejujurnya, jika saya lebih memperhatikan peringatan, saya tidak berpikir saya akan berhenti mengambil pil KB, juga. Perempuan mengambil pil KB karena berbagai alasan. Tidak semua terkait dengan keluarga berencana.
Haruskah kita berhenti minum pil KB?

Saya mulai mengambil kontrol kelahiran hormonal pada remaja saya untuk mengatur periode yang berat dan menyedihkan dan mengurangi beberapa rasa sakit, pendarahan, dan gejala lain dari endometriosis saya. Bagi saya, manfaat mengambil pil tentu melebihi risiko keseluruhan. Pil KB meningkatkan kualitas hidup saya.

Satu-satunya penyesalan saya adalah tidak mengetahui lebih banyak tentang penggumpalan darah dan apa yang harus diperhatikan. Saya tahu, misalnya, untuk sering bangun selama penerbangan panjang setelah lari maraton di luar kota, tetapi saya tidak pernah berpikir untuk memperhatikan bagian tubuh saya yang lain. Sementara pembekuan darah paling sering terjadi di kaki, mereka juga dapat terjadi di lengan, seperti dalam kasus saya, atau panggul.

Menurut FDA, risiko untuk mengembangkan DVT dari pil KB kombinasi cukup rendah: 3 hingga 9 dari setiap 10.000 wanita per tahun. Ini dibandingkan dengan 1 hingga 5 wanita dari setiap 10.000 per tahun yang tidak dalam kontrol kelahiran, tidak hamil, dan yang akan tetap mengembangkan DVT. Namun, baik kehamilan dan tiga bulan pertama setelah melahirkan membawa risiko DVT yang lebih tinggi, jauh lebih tinggi bahkan dibandingkan pada pil KB kombinasi.

Setelah keluar dari rumah sakit, saya menindaklanjuti dengan ahli hematologi yang memantau saya ketika saya mengambil 90 hari pengencer darah. Setelah sekitar delapan minggu, tubuh saya akhirnya terserap. Selama waktu itu, rasa sakit berkurang dan saya perlahan-lahan mendapatkan kembali mobilitas penuh di lengan saya.

Perhatikan tubuh Anda dan percaya pada usus Anda

Hematologi saya dan saya memutuskan untuk menyelidiki apakah pengendalian kelahiran saya adalah alasan yang paling mungkin untuk bekuan saya. Kami mengambil serangkaian tes dan mengesampingkan faktor V (mutasi gen yang menyebabkan pembekuan darah) dan sindrom outlet toraks (TOC), kompresi saraf atau pembuluh darah yang tepat di bawah tulang selangka. Kami berbicara tentang sindrom Paget-Schröetter, juga disebut upaya ekstremitas ekstremitas atas, yaitu DVT yang disebabkan oleh aktivitas tubuh bagian atas yang intens dan berulang.

Apakah akhir pekan saya petualang untuk menyalahkan DVT saya? Mungkin. Ahli hematologi saya setuju bahwa kombinasi pil KB dan aktivitas fisik tubuh bagian atas bisa menciptakan kondisi yang tepat untuk gumpalan darah di lenganku.
Sebuah reaksi berantai dari berbagai peristiwa selama enam bulan ke depan

Tetapi efek dari DVT ini tidak berhenti setelah bekuan hilang. Saya harus segera berhenti minum pil KB dan saya tidak lagi bisa menggunakan metode apa pun yang menggunakan hormon gabungan. Karena saya mengandalkan pil untuk membantu endometriosis, saya menderita tanpa itu. Pengencer darah menyebabkan peningkatan perdarahan menstruasi yang membuat saya menderita sakit, kelelahan, dan kekurangan zat besi.

Akhirnya OB-GYN dan saya memutuskan histerektomi adalah pilihan terbaik. Saya menjalani operasi itu musim dingin lalu.
Jennifer menikmati alam bebas, pasca-histerektomi

Saya akhirnya berada di sisi lain dari situasi ini dan kembali ke gaya hidup aktif saya, tetapi saya berpikir tentang bagaimana musim panas lalu berubah menjadi menakutkan. Tujuan saya sekarang adalah untuk memberi tahu wanita lain tentang memperhatikan tubuh mereka.

Jangan abaikan gejala atau tanda peringatan karena Anda terlalu sibuk atau Anda takut dituduh berlebihan. Anda adalah orang pertama dan satu-satunya yang tahu ketika ada yang tidak beres dengan tubuh Anda.

Punya rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan, bengkak, kehangatan, kemerahan, atau perubahan warna kebiruan? Bisa jadi DVT, terutama jika terus membengkak selama beberapa hari. Vena di lenganku dan di dadaku menjadi lebih menonjol seiring berjalannya waktu. Segera cari pertolongan medis jika Anda memiliki gejala PE seperti sesak napas yang tidak dapat dijelaskan, denyut jantung yang cepat, nyeri dada, batuk, atau batuk darah. Anda juga harus memeriksa riwayat pembekuan darah dan membagikannya dengan dokter Anda.

Ketika mempertimbangkan opsi pengendalian kelahiran, baca tentang efek samping dengan hati-hati. Terlalu sering kita membaca informasi, peringatan, dan kontraindikasi yang disertakan dengan obat-obatan kita. Waspadai faktor-faktor yang meningkatkan risiko bekuan darah Anda. Misalnya, merokok atau obesitas meningkatkan risiko Anda untuk pembekuan darah. Dan jika Anda menjalani operasi, beri tahu ahli bedah Anda tentang penggunaan kontrasepsi oral Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar