Senin, 03 September 2018

"Penyakit" Menjadi Sibuk

Saya adalah orang yang selalu suka sibuk. Di sekolah menengah atas, saya berusaha keras mempertahankan gelar penuh. Saya adalah presiden dan wakil presiden dari beberapa klub, dan saya memainkan banyak olahraga dan melakukan banyak kegiatan sukarela dan ekstrakurikuler lainnya. Saya menyimpan jadwal akademis yang melelahkan dan, tentu saja, pekerjaan paruh waktu sebagai penjaga pantai. Ini semua membuat saya terus menerus di perjalanan.

Di kampus, saya melanjutkan langkah saya, memenuhi persyaratan beasiswa saya, memulai organisasi di kampus, belajar di luar negeri, bekerja dua pekerjaan, dan pada dasarnya mengepak setiap menit saya bisa penuh kesibukan. Ketika saya hamil dengan putri pertama saya di tahun senior saya, hidup saya menendang ke kecepatan warp. Dalam hitungan bulan, saya menikah, pindah, lulus kuliah, memiliki bayi, dan memulai pekerjaan pertama saya sebagai perawat shift malam sambil tetap mengerjakan pekerjaan lain di samping. Saya perlu mendukung kami ketika suami saya selesai sekolah.

Setiap tahun selama beberapa tahun berikutnya, saya punya bayi lagi. Dan melalui itu semua, saya melanjutkan dengan langkah panik. Saya mencoba membuktikan kepada dunia (dan saya) bahwa memiliki bayi muda, memiliki banyak anak kecil, dan bekerja tidak akan merusak hidup saya. Saya bertekad untuk menjadi sukses - untuk memecahkan cetakan milenial malas dan tanpa gigi yang merasa seperti dia berhutang sesuatu. Sebagai gantinya, saya bekerja tanpa henti untuk membangun bisnis saya sendiri, mencatat banyak shift malam, dan bertahan hidup dengan sedikit tidur ketika keluarga kami terus tumbuh.

Saya membanggakan kemampuan saya untuk melakukan semuanya dan menendang pantat di masa ibu dan bisnis saya. Saya bekerja dari rumah dan dengan cepat melampaui penghasilan suami saya. Ini memungkinkan saya untuk tidak hanya berada di rumah bersama keempat anak kami, tetapi juga melunasi hampir semua utang kami. Saya, saya berkata pada diri sendiri, berhasil.

Artinya, sampai semuanya berantakan pada saya. Saya tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah itu satu hal, kumpulan realisasi, atau hanya penumpukan bertahap kelelahan. Tetapi apa pun itu, saya segera menemukan diri saya duduk di kantor terapis, menangis dan meneteskan air mata ke mana-mana saat saya mengakui bahwa saya merasa telah menciptakan kehidupan yang mustahil untuk diri saya sendiri.
Mendobrak sibuk

Terapis saya dengan lembut, tetapi tegas, membimbing saya untuk menggali lebih dalam dan melihat dengan saksama mengapa saya benar-benar merasa perlu untuk tetap begitu sibuk dan terus bergerak. Apakah saya pernah merasa khawatir jika hari saya tidak memiliki rencana? Apakah saya sering berpikir tentang pencapaian saya setiap kali saya merasa sedih? Apakah saya selalu membandingkan hidup saya dengan orang lain seusia saya? Ya, ya, dan bersalah.

Menjadi sibuk, saya temukan, dapat mencegah kita berhenti untuk benar-benar menghadapi hidup kita sendiri. Dan itu, teman-teman saya, bukanlah hal yang cantik sama sekali. Di bawah semua "prestasi" dan kesuksesan luar serta perjalanan, saya tidak menghadapi kecemasan dan depresi yang hampir pincang yang saya perjuangkan sejak saya masih kecil. Alih-alih belajar bagaimana mengelola kesehatan mental saya, saya telah bertahan dengan tetap sibuk.

Saya tidak mengatakan bahwa bekerja - bahkan bekerja banyak - itu buruk atau bahkan tidak sehat. Pekerjaan memungkinkan kita untuk menjadi produktif dan, Anda tahu, membayar tagihan kita. Itu sehat dan perlu. Saat kita menggunakan kesibukan sebagai pembelokan untuk masalah lain atau sebagai alat untuk mengukur harga diri kita sendiri, kesibukan itu menjadi masalah.
Kesibukan sebagai kecanduan

Ada banyak sumber daya dan ahli yang mengingatkan kita bahwa kesibukan bisa menjadi kecanduan yang sebenarnya, seperti narkoba atau alkohol, ketika itu digunakan sebagai mekanisme mengatasi yang tidak sehat untuk menghadapi stres atau situasi yang tidak menyenangkan dalam hidup kita.

Jadi bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki penyakit sedang sibuk? Yah, itu sebenarnya sangat sederhana. Apa yang terjadi ketika Anda sama sekali tidak ada hubungannya? Anda dapat benar-benar membersihkan jadwal Anda selama sehari, atau bayangkan saja Anda membersihkan jadwal Anda selama sehari. Apa yang terjadi?

Apakah Anda merasa cemas? Stres? Khawatir bahwa Anda tidak produktif atau membuang waktu tanpa melakukan apa-apa? Apakah pikiran tidak memiliki rencana membuat perut Anda berubah sedikit? Bagaimana jika kita menambahkan faktor yang tidak dicolok? Jujurlah pada diri sendiri: Apakah Anda bahkan bisa pergi 10 menit tanpa memeriksa telepon Anda?

Ya, itu semacam panggilan bangun, bukan?

Kabar baiknya adalah, salah satu dari kita (termasuk saya sendiri!) Dapat membuat komitmen untuk menghentikan penyakit kesibukan dengan beberapa langkah sederhana:
Pelan - pelan

    Akui bahwa kita kecanduan penyakit kesibukan. Mengakui itu adalah langkah pertama!
    Luangkan waktu untuk memeriksa “mengapa” di balik kesibukan kita. Apakah kita menggunakan kesuksesan atau keberhasilan kerja atau luar sebagai cara untuk mengukur harga diri kita sendiri? Apakah kita berusaha menghindari masalah dalam kehidupan pribadi kita? Apa yang kami ganti melalui jadwal sibuk kami?
    Analisis jadwal kami. Apa yang harus kita terus lakukan dan apa yang bisa kita kurangi?
    Mencari pertolongan. Bicaralah dengan terapis - ada begitu banyak cara untuk mendapatkan bantuan profesional, dari sesi online hingga bahkan mengirim SMS. Banyak rencana asuransi juga mencakup terapi, jadi perlu ditelusuri seberapa dekat kesehatan mental Anda memengaruhi kesehatan fisik Anda.
    Pelan - pelan. Bahkan jika Anda harus mengatur timer di telepon Anda, luangkan waktu untuk memeriksa diri Anda sepanjang hari. Perhatikan tubuh Anda: Apakah Anda tegang? Pernafasan? Bagaimana perasaan Anda saat ini?

Intinya

Jika Anda mendapati diri Anda berlari dengan kecepatan yang gila-gilaan, hal termudah yang dapat Anda lakukan adalah benar-benar meluangkan waktu sejenak untuk hanya bernapas dan fokus pada saat ini, tidak peduli apa pun yang Anda lakukan. Satu nafas dapat membuat perbedaan terhadap penyakit menjadi sibuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar